A. Tujuan Multimedia
Tujuan multimedia yaitu untuk membuat komunikasi semakin baik. Komunikasi
antara pemakai dan komputer yaitu :
-
Manusia dan manusia (lewat komputer)
-
Manusia dan komputer
-
Komputer dan manusia
-
Komputer dan komputer
B. Sejarah Multimedia
Ø
1984 :
Macromind (Jamie Fenton, Marc Carter, Marc Pierce).
Ø
1985 :
Video Works for “Guide Tour” to Apple Machintosh OS.
Ø
1987 :
Video Works II (colour).
Ø
1988 :
Video Works interactive, dinamakan Director
·
John Thompson, Eric Neuman :
Object-Oriented Scripting Language ‘LINGO’.
·
Digunakan untuk membuat tampilan “Star
Trek TNG”.
Ø
... 1997 :
terutama digunakan untuk multimedia CD_ROMS (games, infotainment).
Ø
1998 :
Director sebagai bagian dari “Shockwave Internet Studio”.
Ø
2000 :
Macromedia memberikan ‘dorongan’ yang kuat pada platform Flash.
Ø
2004 :
Director MX 2004 mendukung sintaks Java Script sebagai alternatif LINGO.
Ø
2006 :
Adobe masih menjual Director MX 2004.
C. Elemen-elemen Multimedia
- Objek-objek
·
Media Diskrit : elemen tunggal
§
Icon : gambar semantik (seperti simbol
STOP). Pemakai harus terlebih dahulu mempunyai pengetahuan mengenai icon.
§
Grafik : menjadi tujuan.
§
Citra : yang dihasilkan dari komputer,
bisa berupa grafik 2D/3D tergantung sumbernya (seperti foto).
§
Teks : ukuran, tipe huruf, warna.
·
Media Kontinu : elemen tunggal yang
disusun berdasarkan waktu
o
Gambar bergerak (audio + video).
- Layout Spasial
·
Absolut
§
Koordinat relatif dengan aslinya /
umumnya (pojok kiri atas), ex : aplikasi Windows.
·
Relasi berarah
§
Menentukan susunan dalam ruang, ex :
peta subway (petunjuk arah).
·
Relasi topologi
§
Posisi elemen terhadap elemen lain, ex :
contains, inside of, equals, cover, overlap, disjoint, covered by.
·
Alur teks
§
Alur berdimensi satu, ditunjukkan dengan
area berdimensi dua.
- Dimensi Temporer
·
Model temporer :
§
Terbatas : mis. 6 detik.
§
Tidak terbatas : mis. pemakai mengklik
button.
§
Relasi paralel dan sekuensial, mis. 2
video dimulai bersamaan atau 1 video dimulai setelah yang pertama selesai.
·
Animasi
§
Gabungan dimensi temporer dan layout
spasial (posisi suatu objek berubah sesuai dengan waktunya).
- Interaksi Pemakai
·
Level Interaksi Pemakai :
§
Pasif : hanya visualisasi.
§
Reaktif : interaksi terbatas, ex : fs.
Scroll panel.
§
Proaktif : memilih jalur atau
penyeleksian, ex : button.
§
Reciprocal : berhubungan dengan
informasi pembuatan pada pemakai.
·
Model Interaksi :
o
Navigasi : memilih jalur yang
diinginkan.
o
Perancangan : pemakai memodifikasi gaya
visual dari presentasi, ex : warna, volume audio.
o
Bioskop : pemakai dapat mengontrol waktu
keseluruhan (pada VCR, ex : play, stop).
- Logika Aplikasi
·
Presentasi multimedia tradisional, tidak
perlu logika :
§
Kunjungan virtual ke museum, menu DVD.
·
Sistem interaktif real-time :
§
Dunia virtual reality, permainan.
·
Logika aplikasi membutuhkan bahasa
pemrograman (if case, goto ...)
§
Bahasa terkompilasi : C, C++.
§
Virtual machine : Java.
§
World Wide Web, MPEG-4, Director :
scripting.
0 komentar:
Posting Komentar